Pantangan Dan Anjuran Makanan Wanita Sewaktu Menstruasi

By | Februari 15, 2018

Pantangan Dan Anjuran Makanan Wanita Sewaktu Menstruasi

Siklus menstruasi merupakan hal yang sangat wajar dialami oleh wanita setiap bulannya. Selama periode tersebut, wanita cenderung kehilangan cukup banyak darah yang bisa mengakibatkan semakin rendahnya zat besi sehingga pada saat menstruasi akan timbul gejala seperti nyeri pada bagian perut, mengalami PMS, Rasa nyeri pada bagian pinggang, pinggul dan punggung, serta mengalami perubahan mood dan emosi.

Saat sedang menstruasi kesehatan tubuh sangatlah penting karena menstruasi dapat memicu tubuh terasa sakit dan lemas bahkan bisa membuat orang menjadi pingsan. Maka salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menjaga kondisi saat sedang menstruasi  yaitu dengan gaya hidup sehari-hari dengan mengetahui Pantangan Dan Anjuran Makanan Wanita Sewaktu Menstruasi.

Berikut beberapa pantangan makanan bagi wanita sewaktu menstruasi :

  1. Makanan dan Minuman Berkafein : Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein karena dapat memicu gangguan pada aliran darah sehingga dapat menyebabkan terjadinya abnormalitas pada pendarahan saat mengalami menstruasi.
  2. Makanan Yang Berminyak : Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak seperti gorengan karena dapat memicu meningkatnya jumlah lemak dan kolestrol tinggi didalam tubuh sehingga akan berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Selai itu juga dapat menyebabkan kolestrol yang memicu peredaran darah kurang lancar sehingga berpengaruh pada menstruasi yang dialami.
  3. Makanan Cepat Saji : Hindari makanan cepat saji karena makanan ini memiliki kandungan lemak dan kolestrol tertinggi dan dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.
  4. Makanan Olahan : Hindari makanan olahan seperti mie, bakso, nugget dan berbagai jenis makanan lainnya karena dapat menyebabkan gangguan kelancaran dari proses menstruasi.
  5. Makanan Mengandung Lemak Tinggi : Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging merah, tapi konsumsi lah daging merah dengan sewajarnya atau konsumsi daging danpa lemak sehingga tidak berpengaruh pada proses menstruasi yang anda alami.
  6. Makanan Pedas : Hindari makanan pedas karena makanan yang terlalu pedas akan menyebabkan perut anda menjadi sakit dan membuat pencernaan anda terganggu sehingga dapat merasakan hal yang tidak nyaman. Terlebih lagi pada saat menstruasi, dapat memicu terjadinya nyeri pada bagian bawah perut, sering buang air besar dan juga buang angin.
  7. Makanan Kaleng : Hindarilah untuk mengkonsumsi makanan kaleng, karena makanan kaleng ini mengandung sodium yang tinggi dan juga mengandung natrium tinggi yang dapat menyebabkan retensi air dan membuat tubuh menjadi bengkak. Selain itu juga dapat menghambat kelancaran aliran darah sehingga menyebabkan darah tertahan sesaat.
  8. Makanan Tinggi Gula : Hindari mengkonsumsi makanan manis, karena jika mengkonsumsinya berlebihan akan berdampak terhadap kesehatan tubuh itu sendiri. Terlebih jika mengkonsumsinya saat menstruasi akan berdampak dengan meningkatnya  jumlah kalori dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat.
  9. Makanan dan Minuman Bersoda : Hindari makanan dan minuman yang bersoda, karena jika dikonsumsi secara berlebihan sewaktu menstruasi akan mempengaruhi tingkat emosional anda sehingga sulit untuk dikendalikan . Selain itu juga dapat menyebabkan perut terasa kembung dan tidak enak.

Berikut beberapa anjuran makanan bagi wanita sewaktu menstruasi :

  • Perbanyak Minum Air putih : Jenis minuman yang pertama saat mesnhtruasi adalah air putih. Karena selama menstruasi pasti mengeluarkan cairan lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu, agar tubuh kamu tidak mengalami dehidrasi, anda harus menambah jumlah air minum dari pada hari biasa.
  • Makanan Yang Mengandung Zat Besi : Saat mengalami menstruasi tubuh anda pasti mengalami kekurangan zat besi. Maka dari itu anda harus memperbanyak mengkonsumsi zat besi yang tinggi seperti sereal dan berbagai kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong, kacang kedelai, kacang hitam, tahu, bayam dan kismis.
  • Makanan Dengan Kandungan Rendah Garam : Apabila anda sedang menstruasi, tentu fluktuasi hor-mon cenderung akan berkontribusi pada retensi air, sehingga akan menyebabkan kembung. Untuk dapat mencegah ini konsumsilah makanan yang rendah natrium, misalnya seperti buah dan juga sayuran segar.
  • Makanan Yang Mengandung Tinoleat dan Asam Liblenic : Pada saat anda mengalami menstruasi, yang paling sering dialami oleh beberapa wanita adalah kram rahim. Makanan yajng memiliki kandungan asam tinoleat dan juga liblenic bisa membantu untuk memberikan relaksasi  otot pada saat sedang menstruasi, misalnya seperti sayuran dan juga ikan.
  • Serat : Makanan yang tinggi akan serat seperti gandum, buah-buahan dan sayur-sayuran bisa mencegah masalah pencernaan yang seringkali muncul saat menstruasi

Itulah beberapa Pantangan Dan Anjuran Makanan Wanita Sewaktu Menstruasi. Nah setelah anda mengetahui Pantangan Dan Anjuran Makanan Wanita Sewaktu Menstruasi seperti yang telah dijelaskan di atas, alangkah lebih baiknya diterapkan dalam pola makan sehari-hari anda untuk menghindari menstruasi yang berkepanjangan ataupun menstruasi yang tidak teratur. Selain Pantangan Dan Anjuran Makanan Wanita Sewaktu Menstruasi diatas kami juga merekomendasikan anda dengan obat herbal Walatra Bersih Wanita sebagai Cara Tradisional Untuk Mengatasi Menstruasi Yang Berkepanjangan (ARW) dan juga berbagai keluhan menstruasi yang lainnya.

Apa Itu Walatra Bersih Wanita ?

Walatra Bersih Wanita merupakan obat herbal multikhasiat yang direkomendasikan khusus untuk mengatasi berbagai keluhan kewanitaan, salah satunya keluhan pada saat menstruasi. Obat herbal ini terbuat dari bahan-bahan 100% ALAMI tanpa adanya campuran bahan kimia yang berbahaya, sehingga tidak menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh. Untuk mengetahui selengkapnya >>KLIK DISINI<<

Pesan sekarang juga !! Dan dapatkan pelayanan khusus dan menarik dari kami dengan sistem pembayaran “BARANG SAMPAI, BARU TRANSFER PEMBAYARAN” dengan JAMINAN UANG KEMBALI 100 % jika barang dalam keadaan cacat atau tidak utuh sampai tujuan atau di ganti dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *